Bagikan Informasi

5 Langkah Membangun Rumah Impian Yang Hemat Biaya

Ada banyak jenis rumah siap huni yang kini ditawarkan oleh pihak property, mulai dari yang sederhana hingga hunian elit. Bagi yang menginginkan cara praktis, mungkin membeli rumah yang sudah jadi adalah pilihan yang dirasa tepat, namun bagaimana jika sebagian orang lebih memilih untuk membangunnya sendiri? Dalam artian, mulai dari tahap awal hingga akhir, ia sendiri yang merencanakannya? Tentu bisa saja.

Apabila anda berencana ingin membangun rumah impian yang sesuai dengan keinginan anda pribadi, berikut ini ada informasi mengenai langkah atau tahapan dalam membangun rumah. Dengan adanya info berikut, mungkin akan memudahkan anda dalam merencanakannya secara lebih matang.

Harga Batu Bata

a)      Rencana Pembangunan

Ini merupakan langkah pertama yang harus dilakukan ketika anda ingin membangun rumah. Rencana pembangunan meliputi penentuan anggaran dana, ukuran serta luas bangunan, desain rumah hingga target waktu pembangunan rumah. Perencanaan yang detail akan sangat membantu saat pelaksanaan nantinya dan juga mencegah masalah yang terjadi di kemudian hari. Tidak hanya itu, perencanaan yang jelas akan menghindarkan dari banyaknya dana yang dikeluarkan. Anda bisa meminta orang yang ahli dan berpengalaman untuk membantu dalam merencanakan pembangunan rumah impian anda.

b)      Memilih Desain Rumah

Ada banyak desain rumah yang bisa dipilih seperti contohnya yang lagi trend saat ini yaitu minimalis. Jika anda ingin membangun rumah yang simple, efesien dan terlihat modern, mungkin bisa memilih desain ini. Kelebihan dari desain minimalis adalah penggunaan bahan yang tidak terlalu banyak atau hemat bahan. Selain itu, tampilannya juga simple namun menarik. Banyak model rumah minimalis yang bisa dijadikan referensi, anda bisa mendapatkan contoh desainnya dari berbagai sumber sehingga tidak perlu repot menyewa jasa arsitek.

c)       Bentuk Bangunan

Hal ini terkadang terlewatkan untuk diperhatikan, padahal cukup penting untuk menentukan bentuk bangunan rumah seperti apa yang diinginkan. Bentuk bangunan berkaitan erat dengan tingkat kesulitan serta kebutuhan bahan. Apabila bentuknya rumit, maka akan semakin sulit pula pembangunannya serta perlu teknik khusus, namun jika bentuknya sederhana misalnya bentuk persegi, pembangunannya akan lebih mudah serta bahan yang digunakan lebih hemat. Untuk jenis bangunan persegi, mungkin bisa memakai batu bata sebagai bahan dasar dinding. Harga batu bata saat ini cenderung lebih murah dibandingkan bahan lain sehingga dapat menekan biaya pembangunan.

d)      Survei Harga

Setiap tahunnya, harga sebagian bahan bangunan ada yang mengalami kenaikan. Untuk itu, sangat penting bagi anda melakukan survey harga. Mengetahui berapa saja harga setiap bahan yang digunakan untuk membangun rumah akan memudahkan anda dalam merencanakan anggaran biaya pembangunan. Selain itu, dengan melakukan survey harga, anda bisa mendapatkan harga bahan yang lebih murah. Tidak ada salahnya untuk bertanya ke beberapa toko terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membeli, guna mengetahui harga yang paling murah. Meski terlihat sedikit perbedaan harga yang ada, namun jika anda membeli dalam jumlah yang banyak, tentu akan sangat terasa perbedaan harganya. Cobalah untuk bertanya berapa harga batu bata, semen, batako, rangka beton, atap dan bahan lainnya untuk mendapatkan informasi secara jelas dan akurat kepada pemilik toko atau  orang-orang yang bekerja dalam bidang kontraktor. Biasanya mereka lebih update soal harga bahan bangunan terbaru.

e)      Memilih Mandor & Tukang

Saatnya memilih tukang yang akan mengerjakan pembangunan rumah serta tunjuk satu orang mandor sebagai pengawas dan penanggung jawab. Sebelum memilih, ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu bagaimana kualitas serta reputasi dari tukang dan mandor yang akan ditunjuk. Membayar jasa tukang dan mandor seringkali cukup menyita biaya, sehingga sangat penting untuk memilih orang yang tepat. Jika pembangunan sudah mulai dijalankan, maka anda hanya perlu menunggu sambil sesekali memantau proses pembangunan hingga selesai.

Mulai sekarang, anda tidak perlu khawatir jika ingin membangun rumah sendiri karena banyak informasi mengenai pembangunan rumah yang bisa anda dapatkan dengan mudah melalui berbagai media. Semoga artikel ini bermanfaat!

 

 

 



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *